Skip to main content

Cara Meng-copy File dari Flashdisk ke Xiaomi Redmi Note 4X Menggunakan Kabel USB OTG



Bagi yang sering transfer file antar perangkat, seperti dari PC/Laptop ke Smartphone Android atau sebaliknya. Pasti sudah tidak asing dengan alat yang satu ini, yaitu Kabel USB On The Go (OTG).

Fungsinya seperti kabel data biasa, tapi khusus untuk menyambungkan dari perangkat Android yang memiliki Fitur USB OTG ke Flashdisk.

Pada kesempatan ini saya akan menunjukan cara memindahkan atau mengcopy file atau folder dari PC ke Xiaomi Redmi Note 4X via Flashdisk dengan menggunakan USB OTG tersebut.

Pertama, kita sediakan dulu Kabel USB OTG-nya:



Terus, yang tidak kalang penting yaitu sebuah Flashdisk yang berisi file-file hasil copy dari PC/Laptop: 

Dan tentu saja sebuah perangkat android, disini saya menggunakan Xiaomi Redmi Note 4X.

Setelah semua tersedia, kita sambungkan bagian kecil ukuran micro usb dari kabel OTG ke lubang micro usb dari Redmi Note 4X:


Terus bagian ujung port yang besar dari USB OTG kita hubungkan ke Flashdisk:




Setelah tersambung, akan muncul notifikasi di Redmi Note 4X:


Lalu tekan "Touch to open in Explorer" sampai muncul file/folder yang ada di Flashdisk tersebut:





Sekarang kita akan coba mengcopy folder The Godfather (1972) yang berada di flashdisk, dengan cara tekan dan tahan folder tersebut sampai muncul menu di bagian bawah layar. Lalu pilih Copy:


Selanjutnya pilih Internal Shared Storage > Pilih folder yang dituju, sebagai contoh folder Movies. Lalu tekan Paste yang berada di bawah layar Redmi Note 4X:




Proses pemindahan berlangsung sampai selesai lalu akan terbuka folder Movies tadi, kemudian folder The Godfather (1972) sudah ada disana:




Nah.. Sekarang kita akan mencoba sebaliknya. Yaitu mengcopy file/folder dari Redmi Note 4X ke Flashdisk. Berikut caranya:

Buka aplikasi Explorer di perangkat Xiaomi kamu:



Pilih file atau folder yang ingin di-copy, sebagai contoh saya memilih folder film Arrival 2016 yang berada di folder Movies.



Lalu tekan More yang ada di menu bawah layar dan Copy




Pilih tujuan USB Storage:


Dan kemudian muncul folder USB Storage, pilih Paste dan proses pemindahan berlangsung:





Daan.. folder Arrival 2016 sudah berada di Flashdisk kamu.




Setelah proses copy file selesai, Eject Flashdisk dari perangkat Xiaomi kamu. Jangan langsung dicabut, tunggu sampai peringatan "Still Ejecting..... Don't Remove" menghilang.



Selesai. Begitulah kira-kira  cara memindahkan/meng-copy file atau folder dari Flashdisk ke Xiaomi Redmi Note 4X atau sebaliknya. 

Semoga bermanfaat bagi kamu. Adios. 😁

Comments

  1. Hallo gan,file di copy ke flesdisk bisa, tp pas di cek di pc ga ada filenya

    ReplyDelete
  2. bang knapa di xioami sya ngk kluar notifnya yah?? mohon di bles

    ReplyDelete
  3. Di ane ga muncul lambang usb bang knp tuh

    ReplyDelete
  4. Gan kalau pas proses copy selalu berhenti di 3-4% itu kenapa ya? Padahal ruang penyimpanan masih banyak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Obat Ampuh Pembasmi Jerawat

Banyak dari kita punya masalah dengan kulit yang berjerawat, tua muda, wanita pria, pun saya sendiri. Berbagai obat jerawat yang menurut saya bisa menghilangkan jerawat sudah saya coba. Mulai dari sabun sulfur, obat pembersih darah, berbagai cream pemutih muka, sampai odol (ya betul.. Odol/Pasta gigi) pernah saya coba untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Browsing sana, browsing sini. Beli obat jerawat ini, obat jerawat itu. Namun hasilnya belum terlihat, jerawat masih saja timbul di wajah. Tiba lah, saya sedang asyik-asyiknya bermain twitter. Ada selebtwit yang memposting link obat yang sering direkomendasikan untuk menghilangkat jerawat. Saya coba cari informasi tentang obat yang dimaksud, ternyata banyak juga yang sudah berhasil terlepas dari belenggu jerawat. Berikut nama obatnya: Benzolac CL Pertama saya beli ini di toko online, karena masih coba-coba. Setelah dirasakan ada perubahan yaitu jerawat agak berkurang, barulah saya berani beli di Toko Obat. Harg

Cara Mendownload Video Youtube Menggunakan YouTube Downloder

Aplikasi Youtube versi Android ataupun iOS adalah aplikasi untuk streaming video-video dari youtube.com. Ada banyak video yang bisa kita tonton setelah kita download   dengan fitur Offline mode. Tetapi hanya bisa dibuka melalui aplikasi Youtube saja, tidak bisa menggunakan Media Player yang lain. Kali ini saya akan berbagi cara mendownload video Youtube dengan aplikasi khusus di perangkat android yaitu YouTube Downloader . Hasilnya kamu bisa menikmati video Youtube yang sudah didownload tersimpan di Gallery Video. Hal utama yang harus dilakukan adalan unduh aplikasi Youtube Downloader disini . Playstore tidak menyediakan aplikasi ini, jadi saya kasih link nya. Lalu unduh dengan klik link box Download . Setelah itu INSTALL file APK YouTube Downloader. Dan sesudah aplikasi terinstall lalu OPEN . Klik ALLOW > Klik ACCEPT > Klik OK. di bagian bawah box notifikasi . Klik tanda titik tiga di bagian kanan untuk melihat menu Se